Rabu, 25 April 2012

SIKLUS HIDROLOGI

1. Pengertian
siklus hidrologi Daur hidrologi sering juga dipakai istilah water cycle atau siklus air. Suatu sirkulasi air yang meliputi gerakan mulai dari laut ke atmosfer, dari atmosfer ke tanah, dan kembali ke laut lagi atau dengan arti lain siklus hidrologi merupakan rangkaian proses berpindahnya air permukaan bumi dari suatu tempat ke tempat lainnya hingga kembali ke tempat asalnya.


2. 9 unsur utama siklus hidrologi
a. Evaporasi: penguapan dari badan air secara langsung
b. Transpirasi: penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan
c. Respirasi: penguapan air dari tubuh hewan dan manusia
d. Evapotranspirasi: perpaduan evaporasi dan transpirasi
e. Kondensasi: proses perubahan wujud uap air menjadi titik-titik air sebagai hasil pendinginan
f. Presipitasi: segala bentuk curahan atau hujan dari atmosfer ke bumi yang meliputi hujan air, hujan es, hujan salju
g. Infiltrasi: air yang jatuh ke permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah
h. Perkolasi: air yang meresap terus sampai ke kedalaman tertentu hingga mencapai air tanah atau groundwater
i. Run off: air yang mengalir di atas permukaan tanah melalui parit, sungai, hingga menuju ke laut.


3. Jenis Jenis Siklus Hidrologi

  • Siklus hidrologi Pendek = Air laut menguap kemudian melalui proses kondensasi (penguaoan) karena adnya dari sinar matahari. Uap dari evaporasi naik mengalami kondensasi yaitu berubah menjadi butir-butir air yang halus atau awan dan selanjutnya hujan yang langsung jatuh ke laut dan akan kembali berulang.
  • Siklus hidrologi Sedang = Air laut mengalami evaporasi menuju atmosfer, dalam bentuk uap air. Angin yang bertiup membawa uap air laut ke daratan. Pada ketinggian tertentu, uap air yang berasal dari evaporasi air laut, sungai, dan danau terkumpul makin banyak di udara. Suatu saat uap air menjadi jenuh dan mengalami kondensasi kemudian menjadi hujan. Air hujan yang jatuh di daratan kemudian mengalir melalui parit, selokan, sungai, danau dan menju ke laut lagi.
  • Siklus Hidrologi Panjang  Panas sinar matahari > evaprasi air laut.  Angin membawa uap air laut ke darat, dan bergabung bersama uap air dari berbagai tubuh perairan serta uap air dari hasil transpirasi tumbuhan.  Uap air berubah menjadi awan dan berpresipitasi  Air hujan yang jatuh sebagian berinfiltrasi menjadi air tanah  Ada kalanya presipitasi tidak berbentuk air hujan, kadang salju atau es  Sebagian air hujan diserap oleh tumbuhan dan sebagian lagi mengalir di permukaan tanah (parit, selokan,sungai,danau) > ke laut Air tanah juga dapat muncul ke permukaan menjadi mata air



(adib z r)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

====>